728x90

Custom Search

Kamis, 29 April 2010

Kekebalan Terhadap Antibiotik

Salah satu contoh yang cukup terkenal pada peristiwa "seleksi alam" adalah perkembangan kekebalan terhadap antibiotik dari suatu organisme.

Sejak penemuan penisilin pada tahun 1928 oleh Alexander Fleming, antibiotik banyak digunakan untuk memerangi penyakit yang diakibatkan oleh bakteri.

Akibat adanya mutasi, variasi genetik dari bakteri di alam menjadi sangat banyak. Ketika antibiotik dikenakan pada bakteri, sebagian besar bakteri akan segera mati, tetapi sebagian kecilnya tidak langsung mati. Jika pemberian antibiotik dalam jangka pendek, maka bakteri yang belum mati tersebut akan tetap hidup. Seleksi eliminasi ini dengan cara beradaptasi dari suatu populasi disebut seleksi alam.

Bakteri yang berhasil selamat tersebut kemudian berkembang dan menghasilkan bakteri yang lebih tahan terhadap antibiotik tersebut. Peristiwa ini disebut mutasi. Peristiwa mutasi spontan sangat jarang terjadi dan keuntungan bagi umat manusia dengan adanya mutasi hampir tidak ada. Namun demikian, jumlah bakteri yang termutasi sangat sedikit dibandingkan populasi alam. Bakteri yang termutasi dan tahan terhadap suatu antibiotik tersebut akan bisa mati juga dengan adanya antibiotik baru.
Reblog this post [with Zemanta]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Add a Comment

336x280